SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
NEGERI 1 PAYUNG
Bidang
Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi
Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata
Pelajaran : Pemrograman Dasar
Durasi
(Waktu) : 144 jam
Kelas/Semester : X
KI-3
(Pengetahuan) : Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja
Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan
tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi
kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan
langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan
gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
3.1
Menerapkan alur logika
pemrograman komputer 4.1
Membuat alur logika
pemrograman komputer |
3.1.1 Menjelaskan algoritma pemrograman 3.1.2 Menerapkan algoritma pemrograman dalam menyelesaikan masalah 3.1.3 Menjelaskan algoritma pemrograman menggunakan
flowchart 3.1.4 Menerapkan flowchart dalam
menyelesaikan masalah 4.1.1 Membuat alur program menggunakan text (algoritma) 4.1.2 Membuat program menggunakan simbol (flowchart) |
·
Algoritma Pemrograman ·
Flowchart |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang alur logika pemrograman
komputer. ·
Mengumpulkan data tentang penerapan
alur logika pemrograman komputer. ·
Mengolah data tentang penerapan
alur logika pemrograman komputer. ·
Mengomunikasikan tentang penerapan
alur logika pemrograman komputer. |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Observasi |
3.2 Memahami
perangkat lunak bahasa pemrograman 4.2 Melakukan
Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman |
3.2.1 Menjelaskan berbagai
perangkat lunak bahasa
pemrograman komputer 3.2.2 Menjelaskan prosedur instalasi berbagai perangkat
lunak bahasa pemrograman komputer 3.2.3 Mengoperasikan
prosedur instalasi berbagai
perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 4.2.1 Menginstalasi perangkat lunak bahasa pemrograman 4.2.2 Menguji hasil instalasi perangkat lunak bahasa
pemrograman |
·
Perangkat lunak bahasa
pemrograman komputer ·
Menginstalasi perangkat lunak
bahasa pemrograman komputer ·
Menguji hasil instalasi
perangkat lunak bahasa pemrograman komputer |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi. ·
Mengumpulkan data tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi ·
Mengolah data tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi. ·
Mengomunikasikan tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi. |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Observasi |
3.3 Menerapkan
alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer 4.3 Menulis
kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman |
3.3.1 Mengoperasikan editor untuk lingkungan kerja
perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 3.3.2 Menerapkan struktur penulisan kode/perintah program
pada bahasa pemrograman komputer 3.3.3 Menerapkan prosedur menjalankan dan menguji kode
program pada bahasa pemrograman komputer 4.3.1 Membuat kode program sederhana menggunakan bahasa
pemrograman komputer 4.3.2 Menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer |
·
Editor, lingkungan kerja bahasa
pemrograman komputer ·
Struktur program bahasa
pemrograman komputer ·
Menguji kode program bahasa
pemrograman komputer |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer. ·
Mengumpulkan data tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer ·
Mengolah data tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer. ·
Mengomunikasikan tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer. |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.4 Menerapkan
penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi 4.4 Membuat
kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi |
3.4.1 Menjelaskan
berbagai tipe data dan sintak penulisan 3.4.2 Menjelaskan variabel dan dan sintak penulisan 3.4.3 Menjelaskan berbagai operator dan sintak penulisan 3.4.4 Menjelaskan ekspresi dan sintak penulisan 3.4.5 Menerapkan berbagai tipe data,
variabel, konstanta, operator, dan ekspresi sesuai dengan
permasalahan yang akan diselesaikan dengan program 4.4.1 Membuat
aplikasi
program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta 4.4.2 Membuat
aplikasi
program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta, operator, ekspresi |
·
Tipe data ·
Variabel ·
Konstanta ·
Operator ·
Ekspresi |
4 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan tipe data,
variabel, konstanta, operator, dan ekspresi. ·
Mengumpulkan data tentang
penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi ·
Mengolah data tentang
penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi pemrograman komputer. ·
Mengomunikasikan tentang
penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi. |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.5 Menerapkan
operasi aritmatika dan logika 4.5 Membuat
kode program dengan operasi aritmatika dan logika |
3.5.1 Menjelaskan operator aritmatika 3.5.2 Menjelaskan operator logika 3.5.3 Menerapkan operasi aritmatika dan logika untuk
menyelesaikan masalah perhitungan aritmatika dan logika 4.5.1 Membuat aplikasi
operasi aritmatika 4.5.2 Membuat aplikasi operasi logika |
·
Operator aritmatika ·
Operator logika ·
Operasi aritmatika ·
Operasi logika |
8 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang operasi aritmatika dan logika. ·
Mengumpulkan data tentang
operasi aritmatika dan logika ·
Mengolah data tentang operasi
aritmatika dan logika. ·
Mengomunikasikan tentang
operasi aritmatika dan logika. |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.6 Menerapkan
struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman 4.6 Membuat
kode program struktur kontrol percabangan |
3.6.1 Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol
percabangan 3.6.2 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol
percabangan tidak bersyarat 3.6.3 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol
percabangan sederhana 3.6.4 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol
percabangan bertingkat 3.6.5 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol
percabangan bersarang 4.6.1 Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat 4.6.2 Membuat aplikasi percabangan sederhana 4.6.3 Membuat aplikasi percabangan bertingkat 4.6.4 Membuat aplikasi percabangan bersarang |
·
Struktur
percabangan ·
Percabangan
tidak bersyarat ·
Percabangan
sederhana ·
Percabangan
bertingkat ·
Percabangan
bersarang |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang struktur kontrol Percabangan
dalam bahasa pemrograman. ·
Mengumpulkan data tentang
struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman ·
Mengolah data tentang
struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman. ·
Mengomunikasikan tentang
struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.7 Menerapkan
struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman 4.7 Membuat
kode program struktur
kontrol perulangan |
3.7.1 Menjelaskan statement/perintah untuk perulangan 3.7.2 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol
perulangan sederhana 3.7.3 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol
perulangan bersarang 4.7.1 Membuat aplikasi perulangan sederhana 4.7.2 Membuat aplikasi perulangan bersarang |
·
Struktur
perulangan ·
Percabangan
sederhana ·
Perulangan
bertingkat ·
Percabangan
bersarang |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang struktur kontrol Perulangan
dalam bahasa pemrograman ·
Mengumpulkan data tentang
struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman ·
Mengolah data tentang
struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman ·
Mengomunikasikan tentang
struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.8 Menganalisis
penggunaan array untuk penyimpanan data di memori 4.8 Membuat
kode program untuk menampilkan kumpulan data array |
3.8.1 Menjelaskan array satu dimensi 3.8.2 Menjelaskan array
multi dimensi 3.8.3 Mengidentifikasi penerapan array satu dimensi 3.8.4 Mengidentifikasi penerapan array mulri dimensi 4.8.1 Membuat aplikasi array satu dimensi 4.8.2 Membuat aplikasi array multi dimensi |
·
Konsep array ·
Array satu dimensi ·
Array multi dimensi |
8 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan array untuk
penyimpanan data di memori ·
Mengumpulkan data tentang
penggunaan array untuk penyimpanan data di memori ·
Mengolah data tentang
penggunaan array untuk penyimpanan data di memori ·
Mengomunikasikan tentang
penggunaan array untuk penyimpanan data di memori |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.9 Menerapkan
penggunaan fungsi 4.9 Membuat
kode program menggunakan fungsi |
3.9.1 Menjelaskan konsep fungsi dalam bahasa pemrograman 3.9.2 Menerapkan fungsi-fungsi buatan sendiri 3.9.3 Menerapkan fungsi-fungsi bawaan dari bahasa
pemrograman 4.9.1 Membuat aplikasi dengan fungsi buatan sendiri 4.9.2 Membuat aplikasi dengan fungsi bawaan bahasa
pemrograman |
·
Konsep fungsi dalam bahasa
pemrograman ·
Pembuatan fungsi sendiri ·
Penerapan fungsi-fungsi bawaan
bahasa pemrograman |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan fungsi ·
Mengumpulkan data tentang
penggunaan fungsi ·
Mengolah data tentang
penggunaan fungsi ·
Mengomunikasikan tentang
penggunaan fungsi |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.10 Menerapkan pembuatan antar muka
(User Intreface) pada aplikasi 4.10 Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi |
3.10.1 Menjelaskan prosedur pembuatan antar muka pada aplikasi 3.10.2 Menerapkan prosedur pembuatan antar muka input data dari pengguna 3.10.3 Menerapkan prosedur pembuatan antar muka input data dari pengguna dengan validasi data 4.10.1 Membuat antar muka input data dari pengguna 4.10.2 Membuat antar muka input data dari pengguna dengan
validasi data |
·
Antar muka (User Intreface) pada aplikasi ·
Input/Output
data pengguna aplikasi ·
Validasi
data |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan antar muka ·
Mengumpulkan data tentang pembuatan antar muka ·
Mengolah data tentang pembuatan antar muka ·
Mengomunikasikan tentang pembuatan antar muka |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.11 Menerapkan berbagai struktur
kontrol dalam aplikasi antar muka (User
Intreface). 4.11 Membuat kode program berbagai struktur
kontrol dalam aplikasi antar muka (User
Intreface). |
3.11.1 Menjelaskan prosedur pembuatan menu pada antar muka 3.11.2 Menjelaskan prosedur pembuatan menu pada antar muka dengan validasi 4.11.1 Membuat menu pada antar muka 4.11.2 Membuat menu pada antar muka dengan validasi data |
·
Menu interaksi antar muka pada
aplikasi ·
Kontrol menu antar muka pada
aplikasi |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang berbagai struktur kontrol dalam
aplikasi antar muka ·
Mengumpulkan data tentang berbagai struktur kontrol dalam
aplikasi antar muka ·
Mengolah data tentang berbagai struktur kontrol dalam
aplikasi antar muka ·
Mengomunikasikan tentang berbagai struktur kontrol dalam
aplikasi antar muka |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi
sederhana berbasis antar muka (User
Intreface) 4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface) |
3.12.1 Mengidentifikasi permasalahan
pada pembuatan aplikasi
sederhana berbasis antar muka 3.12.2 Merumuskan permasalahan pada
pembuatan aplikasi
sederhana berbasis antar muka 3.12.1 Memperbaiki permasalahan pada
pembuatan aplikasi
sederhana berbasis antar muka 3.12.2 Menguji hasil perbaikan
permasalahan pada pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka |
·
Analisis
pembuatan
aplikasi berbasis antar muka ·
Perbaikan
masalah pembuatan
aplikasi berbasis antar muka |
12 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan aplikasi sederhana
berbasis antar muka ·
Mengumpulkan data tentang pembuatan aplikasi sederhana
berbasis antar muka ·
Mengolah data tentang pembuatan aplikasi sederhana
berbasis antar muka ·
Mengomunikasikan tentang pembuatan aplikasi sederhana
berbasis antar muka |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.13 Mengevaluasi debuging pada aplikasi pada sederhana 4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana |
3.12.3 Menerapkan prosedur debuging pada aplikasi sederhana 3.12.4 Mengidentifikasi permasalahan pada aplikasi
berdasarkan data debuging 4.13.1 Memperbaiki
bug pada aplikasi 4.13.2 Menguji
aplikasi hasil perbaikan |
·
Debuging aplikasi ·
Menganalisis
data hasil Debuging |
8 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang debuging pada aplikasi ·
Mengumpulkan data tentang debuging
pada aplikasi ·
Mengolah data tentang debuging
pada aplikasi ·
Mengomunikasikan tentang debuging
pada aplikasi |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |
3.14 Mengevaluasi paket installer aplikasi
sederhana 4.14 Memformulasikan paket installer aplikasi sederhana |
3.14.1 Menerapkan prosedur evaluasi pada paket installer 3.14.2 Mengidentifikasi permasalahan pada paket installer 4.14.1 Memperbaiki
bug pada paket installer 4.14.2 Menguji
paket installer hasil perbaikan |
·
Membuat paket installer aplikasi ·
Evaluasi paket installer aplikasi |
8 |
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah paket installer aplikasi ·
Mengumpulkan data tentang paket installer aplikasi ·
Mengolah data tentang paket installer aplikasi ·
Mengomunikasikan
tentang paket installer
aplikasi |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja ·
Observasi |